31 Aug 2010

Gedung Supermewah DPR





Metro TV, 31 Agustus 2010, 21.15 WIB

Kukira acara dagelan sudah usai. Ternyata baru saja di Metro TV, aku dibuat tertawa terbahak-bahak menyaksikan berita ini. Dikabarkan DPR akan membangun suatu gedung mewah 30 lantai lebih, dengan biaya 1 T lebih yang sebagian mulai diambil dari dana APBN 2010.

Berita ini bener2 membuat aku tertawa. Ko bisa ya mereka bikin lelucon seperti itu. Apa ruang sidang atau ruang rapat belum cukup luas untuk tempat tidur kaum terhormat?
O... mungkin biar ga kesiangan, jadi dibangun gedung itu untuk menginap, jadi ga ada lagi titip2 absen gara-2 kesiangan. Bisa aja kan?

Dengan luas kantor untuk satu anggota terhormat seluas 120 m2, rasanya cukup nyaman untuk berbaring. Atau untuk main petak umpet ?

Baru saja siang tadi kembali dari tugas luar. Menyusuri area Sunter, Jakarta Utara. Aku mengunjungi rumah yang luasnya sekitar 30 m2, dengan toilet di bagian luar yang digunakan bersama2 penghuni lainnya. Ada juga di daerah Cengkareng, luas rumahnya hanya sekitar 20 m2, sudah termasuk "ruang" tamu, "ruang" makan, "kamar" tidur dan dapur. Hebat, efesiensi dan efektif, tinggal di "rumah" seukuran 20 m2, dengan plafond yang bisa dijangkau tangan sambil kaki jinjit di lantai.

Bayangkan jika 120 m2 untuk wakil "entah siapa" dijadikan hunian kaum "miskin" Jakarta. Hilangkan furnish, convert untuk modal usaha ? Apakah akan efektif ? Daripada 120 m2 hanya untuk tidur berguling2 karena tidak puas hanya bersandar di dudukan kursi ruang rapat.

Ataukah mereka harus mengikuti tour "daerah-miskin-Jakarta" seperti yang dilakukan para bule beberapa bulan lalu, yang membuat sebagian pejabat meradang? Ya ... mungkin si bule berpikiran, daripada elu ga pernah vacation ke daerah miskin, mending gue ...

Ya ... lumayan untuk mengakhiri kepenatanku hari ini, akhirnya bisa tertawa juga menyaksikan acara TV yang dari tadi hanya sinetron dan sinetron saja.


CMIIWW




0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls