11 Dec 2012

Vermint, obat cacing untuk typus


Waktu anakku (3 tahun) demam dan istri pun dalam kondisi kurang fit, akhirnya istriku beli kapsul cacing dari Apotek K, delivery ... Lumayan hemat waktu daripada keluar. Tahu sendiri kondisi jalan Jakarta.

Waktu itu beli vermint yang ukuran kecil. Anakku karena tidak bisa makan kapsulnya, akhirnya isi kapsul dikeluarkan dan dicampurkan dengan bubur. Kata anakku, rasanya kaya makan sama ikan asin ??? Kalau dicium baunya sih memang seperti itu. Tapi aku kebayang bentuk cacing utuhnya, jadi rasa menjijikkan. Padahal kan sudah bentuk serbuk, dan dibalut jadi kapsul pula.

Jauh melayang ke masa lalu, saat aku mengalami typus juga, aku pernah dikasih cacing. Bukan kapsul cacing, tapi ayahku yang mengolah cacing untuk ku makan (=minum) bersama susu. Jadi ayahku mencari cacing, namanya cacing kalung, entah di daerah lain namanya cacing apa. Cacingnya gede, warnanya mengarah ke item. Dan gerakannya biasanya energik, maksudnya lincah.

Dan karena aku sakit lumayan parah, rasa cacingnya sama sekali tak berasa. Maklum, semua makanan dan minuman walaupun minum air putih pun, tetep berasa pahit sekali.
Setelah minum cacing hasil olahan ayahku, aku berangsur pulih. Demam dengan cepatnya turun. Padahal tadinya aku mau di opname kalau panas tidak turun juga.

Nah, sekarang ke generasi selanjutnya, anakku juga merasakan cacing, dalam wujud yang lain. Kalau aku disuruh untuk mengolah cacing, mending bayar orang saja buat hal itu. Melihat wujud cacing ... sungguh menjijikkan. Apa aku phobia cacing, gak tahu juga.

Efek dari Vermint yang dimakan anakku, ternyata anakku menjadi bisa tidur lelap sekali. Tidur malamnya cepat. Biasanya jam delapan, setelah makan kapsul cacing, jam setengah tujuh sudah teler. Bangun pagi lebih segar. Kondisinya lebih cepat pulih.

Beda dengan istriku. Setelah makan kapsul Vermint, dia nafsu makannya menjadi berlipat. Demamnya lebih cepat turun.
Yang aku takutkan dari kapsul cacing ini, aku takut ada penambahan zat kimia lainnya ke dalam kapsul tersebut. Makanya aku minta bantuan teman untuk mengecek. Temanku akhirnya mengecek menggunakan GC-MS. Hasil GS-MS menurut temanku itu, tidak ditemukan kimiawinya. Yang tinggi adalah kolesterolnya. Ya iyalah namanya juga cacing, berlemak-lemak.

Syukurlah, setidaknya tak ada kandungan kimia, seperti beberapa jamu yang ternyata dicampur dengan bahan kimia.







5 comments:

ari said...

Kang kabayan, beli vermint ny di apotik mana???

kabayan lulungu said...

@ ari : kan udah disebut di awal Kang, beli dari Apotek K
Kayanya di apotek2 lain juga ada tuh

Eka Ramadhaniee said...

makasih infonnya.. tau obatnya tapi lupa nama obatnya.. haha makasih sudah bantu kang ^^

jeri tobing said...

Sy panas tinggi tiap malam dan batuk dah hampir sebulan..kata y itu gejala typus...dan obat y cacing...skrg ada vermint....sy mau coba...apotik mana y yg jual sy di tangerang

kabayan lulungu said...

hai @jeri
seperti disebut di atas, aku beli dari apotik K, mungkin di Tng juga ada. Kalo ga barangkali di toko Herbal.
Kalo ga ... apa aku jualan kapsul ini aja ya karena banyak yang nyari hehehe

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls