6 Jan 2014

Mengolah Kepiting Hidup


Setelah sebelumnya posting membeli kepiting hidup di Pasar Ikan Muara Angke, sekarang saatnya mengolah kepiting hidup tersebut menjadi kepiting rebus yang lezat.

Pertama siapkan alat-alat seperti:
Pisau
Gunting
Talenan
Sikat Gigi bekas

Biar terhindar dari capit besarnya, biarkan kepiting masih dalam keadaan terikat. Lalu siapkan pisau di tangan kanan dan tangan kiri memegang kepiting yang di tegakkan dengan mata memelasnya melihat kita berharap kita berubah pikiran. Arahkan ujung pisau ke arah mulutnya dan kuatkan jiwa pembunuh Anda untuk menghunjamkan pisau masuk mulut kepiting dan menembus hingga tubuh belulangnya.

Biarkan kepiting meregang nyawa dalam keadaan terikat. Jangan khawatir, tidak akan ada darah merah segar mengalir. Seolah tidak terjadi apa-apa, biarkan saja kepiting menemui ajalnya. Sekarang saatnya mengeksekusi kepiting temannya, dan temannya yang lain jika ada.

Untuk memastikan kepiting sudah dalam keadaan mati, sentuh saja matanya atau tarik kaki belakangnya. Jika tidak ada respon, berarti kepiting sudah wafat. Biasanya tidak terlalu lama, 2 atau 3 menit, sudah hilang nyawa kepiting nya. Proses selanjutnya adalah membersihkan kepiting.

Gunting ikatan-ikatan pada kepiting. Setelah kepiting terbebas dari borgolnya, bersihkan tubuh kepiting menggunakan sikat gigi bekas, dan sikat seluruh badannya terutama bagian bawah dan sekitaran kaki dan capitnya. Ingat, sikat giginya tidak usah diolesi pasta gigi.

Setelah bersih dari lumpur, potong bagian bawah ujung kepiting yang berbentuk segitiga. Bagian itu bisa diangkat. Potong dan bersihkan.

Karena untuk konsumsi sendiri, maka aku fokus untuk dagingnya aja. Batok kepiting kemudian dilepaskan. Cari saja celah-celah sekitar kaki dan batok, lalu iris menggunakan pisau hingga batok terlepas.

Setelah batok terlepas, di bagian tengah tubuhnya ada bagian yang lembek, berwarna ada kuning-kuning. Katanya itu jeroannya kepiting. Buang dan bersihkan. Jika mau, kepiting bisa dimutilasi menjadi beberapa bagian lagi. Capit besar, bisa dipukul hingga cangkangnya pecah agar bumbu bisa meresap. Namun jika pukulannya terlalu kuat, bisa menghancurkan daging dalamnya, alhasil daging bisa hancur dan hilang saat proses perebusan. Amannya biarkan saja utuh. Dipecahkan bisa dilakukan saat sudah matang saja.

Setelah dibilas dan dibersihkan, tinggal merebus kepiting dengan bumbu-bumbu dasar seperti garam, merica, serai, jahe, bawang merah dll. Tunggu hingga matang, warna kepiting akan berubah menjadi oranye.

Langkah selanjutnya, menghabisi kepiting dengan cara paling kejam. Merobek semua cangkangnya. Capitnya dipukuli hingga pecah, jika perlu. Merobek-robek dagingnya dan menyantapnya dengan lahap, menyisakan hanya cangkang kepiting yang tdk mungkin dikunyah.

Semoga berhasil dengan proses mutilasi kepitingnya.




0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls