4 Aug 2011

Ada burayak di aquariumku





Kamis sore, 4 agustus 2011,
akhirnya setelah penantian, indukan gendong telur menetaskan telurnya jg. Sore itu, pas liat aquarium bawah, si betina gendong telur merangkak-rangkak di kaca aquarium. Terus aku liat bagian badannya, lho ko telurnya ga ada?
Lantas aku melihat-lihat dasar aquarium, bercampur dengan kotoran dan sisa makanan, ternyata ada makhluk hidup lain. Ada burayak. Agak sulit melihat anak-anak LAT di aquarium, ternyata sangat kecil dan yg menyulitkan pandangan, hampir seluruh tubuhnya terlihat transparan. Kecuali area kepala agak hitam gitu. Mungkin sekitar 1 cm panjang tubuhnya. Aku hitung satu persatu, dengan agak sulit, sekitar 10 ekor.
Wah, ternyata sudah ada yang rontok juga ya? Senangnya, ternyata telornya netas juga. Sempat khawatir sih, karena dari beberapa indukan non telor, mereka pada gagal molting dan hingga sekarang tidak diketahui penyebabnya.
Malem hari aku tengokin lagi aquarium atas. Ternyata ada anak LAT juga sekitar 2 ekor. Aku pindahin ke aquarium bawah biar gabung dengan sebayanya. Si indukan yang siap merontokkan anaknya aku pindahin ke aquarium bawah juga sembari memberinya makan cacing beku agar kekenyangan dan tidak memakan anaknya yg baru saja rontok.




0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls