11 Aug 2011

Moulting dengan sukses







Akhirnya ...
Kamis, 11 Agustus 2011, ternyata di kolam terpalku ada juga LAT redclaw yang berhasil, sukses melakukan moulting alias ganti cangkang. Setelah sebelumnya para pendahulunya selalu gagal moulting, dan berakhir di minyak panas di atas penggorengan.
Setelah sebelumnya si clarki, sehari sebelumnya, juga sukses dengan sempurna melakukan moulting, hari ini satu RC (ukuran tubuhnya masih lumayan kecil) berhasil juga ganti kulit.

Pulang dari kantor, istriku yang pertama kali melihat. Awalnya diduga ada LAT mati lagi di kolam terpal. Ternyata itu adalah cangkang si RC dan si RC yang berhasil ganti kulit tidak kelihatan. Mungkin bersembunyi. Atau ... dimakan teman2nya?

Langsung saja dicari, dibuka semua tempat persembunyian si LAT. Lumayan cukup sulit. Tapi ada LAT yang pas dideketin serokan, langsung lari sekenceng-kencengnya. Diamati lebih lanjut, tubuh bagian bawahnya agak putih. Langsung saja ditangkap dan diamati lebih lanjut. Cangkangnya memang masih agak lunak. Tubuh bagian bawahnya putih (bersih). Si LAT RC yang berhasil ganti kulit ini terus dikarantina, agar kulitnya semakin keras dan siap untuk dicampur kembali bersama teman-temannya.

Jadi, menurutku, ciri khas LAT yang berhasil moulting :
1. Warna tubuhnya lebih cerah
2. Bagian bawah tubuhnya terlihat putih bersih
3. Kemampuan larinya melebihi biasanya, mungkin sebagai salah satu senjata agar tidak dimangsa sesamanya.

Tak lupa cangkang bekas moulting si LAT dibiarkan di kolam terpal. Tak berapa lama, cangkang bekas moulting sudah dibagi-bagi oleh LAT yang lainnya, sebagai cadangan kalsium mereka. O ya, pas diamati cangkang bekas moulting si LAT, ada semacam lendir dari cangkangnya, seperti ingus bening. Mungkin itu yang membantu saat moulting. Seperti halnya ketuban saat lahiran bayi, berfungsi sebagai pelumas agar lebih lancar keluarnya.

Hore, ada juga yang berhasil moulting. Semoga LAT lainnya mengikuti keberhasilan moulting si LAT ini. Entah berapa korban gagal moulting dan hingga saat ini hanya bisa mengira-ngira saja sebab kematian LAT. Dengan keberhasilan moulting si Clarkii dan si RC, semoga air tidak menjadi bahan penyebab gagalnya moulting.




0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls