7 Nov 2011

Tutur Tinular versi 2011




Tutur Tinular dan Drama Kolosal Indosiar.

Menjelang akhir September 2011, Indosiar menayangkan Tutur Tinular Versi 2011. Cerita yang sangat aku gemari kala masih dalam format sandiwara Radio. Terbayang kehebatan sepak terjang Kamandanu, Sakawuni, Mei Shin dll. Acara kegemaran sewaktu aku masih duduk di bangku SD. Tak mungkin terlewatkan (kecuali saat jam pelajaran sekolah).

Saat itu munken adalah jaman keemasan sandiwara radio. Dan kita sebagai pendengarnya dibuai dengan fantasi. Selain Tutur Tinular, tentu saja ada Saur Sepuh, Pendekar Halilintar, Putri Cadar Biru (perasaan belum pernah ada yang membuat dalam versi layar lebar), Misteri Gunung Merapi, Si Rawing (Kapan ya dibuat filmnya lagi), dan masih banyak lagi. 

Kedatangan Tutur Tinular 2011 tentu saja aku nantikan sekedar mengobati kerinduan jaman baheula. Namun sayang beribu sayang euy, ternyata Tutur Tinular versi 2011 jauh dari ekspektasi. Masih jauuuuh lebih bagus versi Anto Wijaya. Ini mah … aduh kacau …

Pemeran Kamandanu, oke-lah. Gak terlalu indo (huek … bosen aku liat muka-muka Indo nampang di Sinetron, kayanya kalo ga indo ga maen). Lagian kalo Kamandanu diperankan Indo, apa jadinya? Yang ga nahan pemeran Nari Ratih. Bukan mau menjelek-jelekkan, tapi sekedar bicara kenyataan, aktingnya payah buanget. Secara global, kuciwa melihat Tutur Tinular versi 2011. Penurunan kualitas ah, atau ekspektasiku yang berlebihan. Gaya sinetron mungkin agak kebanyakan dan aku sangat tidak senang dengan sinetron2 kita. (terkecuali Islam KTP atau para pencari Tuhan).

Tapi rasanya sedikit terobati dengan adanya drama kolosal seperti Sangkuriang dan Kamandaka pada hari Minggu malam. Lebih mantap, akting ataupun efeknya enak ditonton. Dari segi jalan cerita mungkin seperti melompat-lompat, mungkin juga karena mengejar waktu tayang yang hanya 2 jam. Tapi bagus dari cerita maupun efek. Ternyata ada juga hiburan, daripada nonton sinetron yang lebay, yang aktingnya cuma bisa memelototkan mata, ataupun menangis sejadi-jadinya. Lebayyyyyy….




0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls