17 May 2012

Taman Joglo, dahulu terminal


Mei 2012,
Saat mengajak anakku jalan-jalan, aku teringat ada taman yang dahulu bekas terminal. Seringkali saat pulang ke Bandung, naik bus dari terminal Joglo ini. 

Taman yang cukup nyaman dan teduh
Posisi terminal ini masih bisa ditempuh dengan berjalan kaki, menyusuri gang-gang kecil. Suasana Cianjur yang tidak sepanas Jakarta, membuatku betah mengajak si kecil jalan-jalan menuju taman ini. Tamannya lumayan besar, maklum bekas terminal. Menghubungkan dua jalan besar, dan di ujung taman yang lain ada Toserba yang besar, Toserba Selamat.

Suasana cukup teduh, walaupun saat itu menunjukkan pukul 9.30, dimana di Jakarta aku sudah sangat malas untuk berjalan-jalan kaki di udara terbuka. Walaupun tidak ada pepohonan besar nan rindang, keteduhan masih bisa dirasakan. Angin yang sesekali berhembus mengurangi panasnya matahari.

Sayang beribu sayang terminal ini sepertinya minim perawatan, baik dari instansi terkait maupun dari masyarakat pengguna taman ini. Banyak coretan-coretan khas remaja di tempat duduk maupun dinding taman. Lantai ubin yang terkelupas dan bahkan beberapa motor sering lalu lalang masuk ke taman ini. Sempat juga aku melihat ada jemuran celana di taman ini. Belum lagi pagar pembatas taman yang bolong-bolong rangka besinya. Sampah cukup berserakan dan hingga jam itu tidak ada satupun petugas kebersihan yang ada di lokasi. Entah apa karena hari libur ?

Berikut beberapa foto yang sempat diabadikan

Tempat duduk yang cukup nyaman sebenarnya, namun menjadi kurang nyaman di mata karena beberapa coretan kebanggaan yang kurang pada tempatnya.

Tersedia area jalan kaki untuk refleksi. Lumayan menggigit setelah aku mencoba berjalan di area ini tanpa alas kaki. Anakku sampai meringis dan buru-buru menggunakan sandalnya kembali. 

Pagar pembatas yang telah hilang beberapa besinya

Coretan khas lainnya di sekitar taman ini

Patok pembatas yang sudah ompong satu. Di jalur di sebelah kanannya patok malah sudah hilang dua-duanya membuat motor bebas masuk ke area taman, walaupun di ujung taman tidak ada jalan tembus lagi.

Orang pun bebas menjemur celana jeans nya disini. Panel listrik pun tak luput dari coretan-coretan.

Lantai yang kurang terurus, banyak yang sudah terlepas

Untuk gambar yang lebih jelas bisa mengunjungi http://www.flickr.com/photos/kabayanlulungu/sets/72157629771948780/

Semoga di kemudian hari taman ini bisa lebih baik dan menjadi kebanggaan warga Cianjur.




0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls