22 Jul 2011

Budidaya Lobster





Tertarik dengan budidaya lobster, akhirnya aku menyempatkan searching masalah budidaya lobster dan cara mendapatkan indukan. Secara spesifik, di dunia budidaya Lobster akan lebih dikenal sebagai LAT atau Lobster Air Tawar. 

Dan hasil searching  mengarahkan kepada lobster yang lebih spesifik yaitu Lobster Redclaw alias si capit merah. 

Singkat kata, karena istri pun setuju dan ada area di rumah yang bisa dimanfaatkan, kami segera menyiapkan segala sesuatunya, dari finansial dan juga  penyedia indukan lobster. Dari situs lobsterairtawar(dot)kom kami mendapatkan informasi bahwa mereka menyediakan paket siap saji.

Paket siap saji yang dimaksud yaitu menyediakan paket 9 akuarium dan satu set indukan lobster yang terdiri dari 5 betina dan 3 jantan. Akuarium dibuat bertingkat tiga dengan masing-masing tingkat terdiri dari 3 akuarium dengan rak terbuat dari besi. Aerator, selang input dan output air juga sudah termasuk dalam paket. Termasuk juga pelet 400 gr dalam toples. Akuarium panjang kl. 90 cm dengan tinggi kl. 40 cm. Harga untuk paket ini adalah 4 juta (terakhir saya tanyakan sekitar bulan Juli 2011) dan mungkin sudah berubah. 

Tapi karena keterbatasan ruang dan masih mencoba-coba untuk budidaya lobster, maka kami menghubungi mereka untuk menegokan hanya tiga akuarium saja. Tiga akuarium dengan tiga tingkat plus satu set indukan. Harganya saat saya beli 2 juta, sudah termasuk ongkos kirim (dari Bintaro ke Pondok Labu). 

Akhirnya, Sabtu sore kami ke Bintaro, Selasa siang mereka mengantarkan pesanan kami. Tiga akuarium 3 lantai dengan satu set indukan dan shelter untuk persembunyian mereka. Welcome to you …





0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls