25 Jul 2011

Lobster mati !





Hari Selasa Lobster tiba di rumah, hari minggu 3 lobster mati. Indukan lobster tinggal 5 lagi, 4 betina 1 jantan. Yang mati 2 jantan 1 betina. 1 jantan kondisi capit patah satu, mati saat pagi hari aku cek akuarium. 2 dalam keadaan sekarat. Lalu aku pindahin ke wadah, masing-masing di wadah yang berbeda. Akuarium aku kuras, yang masih hidup aku pindah ke akuarium tengah. Kondisi masih bugar.

Hipotesis pertama, mungkin kebanyakan ngasih pelet, jadi air terlalu keruh dan tercemar. Lobster ga mampu hidup.
Hipotesis kedua, terjadi perkelahian dan hukum alam, si jantan pemenang, memang berukuran paling besar dari dua jantan lainnya. Mungkin dia pengen menjadi penguasa.

Kita kekurangan jantan akhirnya. Mumpung hari minggu, setelah dari Tanah Abang, kami melanjutkan perjalanan mencari pejantan tangguh untuk lobster betina di rumah. Kami menuju Cengkareng, tepatnya ke TPHP di jalan Kamal Raya. Disana ada juga penjual Lobster. Tapi ternyata kami kurang beruntung karena stok indukan ternyata sedang kosong. Yang ada hanya ukuran 10 cm dengan harga 20 rb per ekor. Ya sudahlah, daripada pulang dengan tangan hampa, kami membeli 2 ekor betina dan satu jantan. Kata Pa Tarjo si penjual, yang betina sudah bisa kawin, sedangkan yang jantan belum cukup dewasa.

Selain beli tiga lobster, kami beli pula garam ikan dan cacing beku. Dari pa Tarjo kami mendapat pengetahuan yang lumayan masalah lobster. Pa Tarjo memelihara lobster di kiosnya dengan hanya sedikit air saja. Sekedar si Lobster tidak kering saja, kira-kira setengah dari tinggi lobster. Tapi lobsternya pada aktif. Dan kata pa Tarjo, mereka jarang sekali diberi makan. Tidak 2 kali sehari seperti kebanyakan para peternak Lobster bilang. Ya memang karena pa Tarjo memang tidak mengkhususkan untuk membesarkan Lobster untuk konsumsi, tapi dia juga sebagai penyalur bibit untuk para peternak lobster.

Pulang ke rumah, sekarang formasi akuarium menjadi 1 jantan 1 betina di atas, 1 jantan 5 betina di akuarium bawah. Let see them ...





0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls