12 Sep 2011

Hari ini bulan purnama


12 Agustus 2011, sekitar pukul 21.30 di metroTV aku lihat running text, 'hari ini bulan purnama, jika dihitung mundur 1 syawal jatuh pada hari Selasa (30/8)'.


Tahun ini menjadi cukup kontroversil (aku rasa) dalam hal penentuan 1 syawal 1432 H. Banyak yang akhirnya menjalankan ibadah puasa terakhir dengan sahur istimewa, ketupat dan opor. Gara-garanya Lebaran 'tidak jadi' tanggal 30 Agustus dan 'diundur' menjadi tanggal 31 Agustus. itupun pemberitahuan dari pemerintah, setelah selesai sidang isbat sekitar pukul 20.30 (kalau tidak salah).

Malam itu (29 Agustus) di masjid dekat rumah, tidak ada tarawih (karena menunggu pengumuman). Sebagian ada yang sudah takbiran (karena di kalender tanggal 30 adalah Lebaran). Banyak yang sudah siap-siap untuk Lebaran besoknya (30 Agustus). Tapi semua pupus karena hasil sidang isbat dan pengumuman resmi pemerintah menetapkan Lebaran jatuh pada hari Rabu tanggal 31 Agustus 2011. Sedangkan Muhammadiyah tetap akan melaksanakan Lebaran hari Selasa 30 Agustus 2011.

Besoknya (30 Agustus) di komplek pendidikan Muhammadiyah, dilaksanakan sholat Ied. Dan tidak seperti biasanya (saat ada perbedaan 1 syawal) Lebaran tahun ini di Muhammadiyah diikuti banyak orang, tumplek hingga ke jalan raya (yang biasanya tidak). Mungkinkah banyak juga yang tidak mengikuti pengumuman pemerintah dan lebih memilih Muhammadiyah? Dan kenapa harus terkotak-kotak seperti ini?


Tanggal 1 September 2011 malam, aku melihat sosok bulan di langit. Berarti hari ini 'seharusnya' adalah tanggal 2 Syawal. Tapi yang nampak di mataku adalah sosok bulan seolah ia adalah bulan hari ketiga. Serius, aku bukanlah ahli astronomi, bukan pengamat bulan, tapi aku sedikit tahu fase bulan, fase 3 hari, 7 hari, fase purnama dll. Sekedar menebak. Dan malam itu, bagiku bulan terlalu besar untuk umur 2 hari. Lebih pantas 3 hari.

Hari ini, di running text metroTV, dikatakan malam bulan purnama. Berarti tebak-tebakanku tanggal 1 September seharusnya bulan berumur 3 hari cocok (hore...aku menang kuis). Jadi, apa masih penting untuk berdebat ?




0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls