14 Nov 2013

Cara import file sql ukuran besar dengan bigdump


Karena sesuatu hal, terpaksa pindah hosting. Pindah hosting seperti pindah rumah saja. Kalau pindah kost-an, gampang, barang juga kan sedikit. Beda dengan pindah rumah, susah karena barang semakin banyak. Begitupun pindah hosting, kalau filenya kecil sih enak, nah kalau gilirannya besar ? 

Masalah timbul saat mau restore file sql, ukurannya lebih dari 100 Mb, sedangkan php myadmin tidak memperbolehkan lebih dari 100 Mb. Lalu, bagaimana cara import sql ukuran besar ?

Hasil gugling membuktikan, ada cara yang singkat, mudah dan cepat untuk dilakukan. Maklum, karena bukan ahli yang beginian, saya copas saja dari sini. Dan ikuti langkah-langkahnya dengan cermat.


Untuk yang mengalami kesulitan import database yang berukuran besar karena ukuran file di PHPMyadmin nya dibatasi di angka tertentu, salah satu solusinya bisa  dengan menggunakan Script PHP BigDump SQL.
Untuk script nya bisa di  download disini
1. Jika sudah selesai didownload, buka file bigdump.php menggunakan notepad lalu pada settingan dibawah ini diisi dengan informasi databasenya.
---------------------------------------------------------------------
// Database configuration
$db_server   = 'nama host db server,biasanya localhost';$db_name     = 'nama database ';$db_username = 'username database';$db_password = 'passwordnya';
--------------------------------------------------------------------
2. Jika sudah selesai settingnya lalu save file tersebut. Masuk ke control panel hosting anda lalu buat folder baru di file manager anda (contoh : dump)
3. Upload file bigdump.php dan file database anda ke folder dump. File database bisa file nya langsung .sql atau dalam bentuk .  zip yang nantinya di extract.
4. Jalankan file bigdump.php menggunakan browser dengan alamat namadomainanda.com/dump/bigdump.php
5. Klik start import dan tunggu sampai prosesnya selesai. Jangan tutup browser jika prosesnya belum selesai.
6. PENTING !! Jika proses sudah selesai hapus file bigdump.php dan file database anda di file manager anda.




0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls