8 Jun 2013

Obat luar yang wajib ada di Rumah


Sebagai seorang ibu yang mengurus dua balita sekaligus tanpa pengasuh, membuat saya harus mempermudah diri sendiri dalam merawat kesehatan anak-anak, diantaranya ketersediaan obat-abatan di rumah haruslah lengkap. Jangan coba-coba kehabisan stok atau tidak ada cadangan, yang ada saya akan pusing sendiri karena memperbanyak urusan pekerjaan rumah saya.  Obat luar yang harus selalu siap di rumah adalah :
  1. Minyak kayu putih, harus wajib kudu, karena dibutuhkan oleh seluruh anggota keluarga, selain untuk menghangatkan badan, mengobati gigitan nyamuk, dan juga sebagai aroma terapi saat merasa mual.
  2. Minyak telon, sebenarnya saat ini anak bungsu saya sudah menginjak 1 tahun, sehingga sudah kuat dengan panas kayu putih, tetapi masih saya sediakan sebagai alternatif bila kehabisan kayu putih atau menginginkan aroma yang berbeda, karena minyak telon aromanya khas sekali untuk bayi.
  3. Minyak tawon, yang ini lebih dominan dipakai orang tuanya, untuk pijat, kerik, oles dsb. Tapi saya sering menggunakan untuk mengobati gigitan nyamuk atau semut pada anak-anak. Selain itu untuk menggosok badan anak-anak bila sudah bepergian atau sedang sakit. Saya sendiri merasa nyaman digosok dengan minyak tawon karena hangatnya pas meresap kedalam dan menghilangkan pegal. Minyak tawon juga efektif mengobati memar akibat benturan. Maklumlah anak kecil rentan sekali terbentur apalagi sedang bercanda atau belajar berjalan.
  4. Minyak  but but, saya menyetok ini atas saran teman saya karena bisa menurunkan demam bila digosok pada badan anak dan bisa mengobati luka memar akibat benturan. Fungsinya hampir sama dengan minyak tawon. Jadi bisa dijadikan alternatif saat minyak tawon habis. O ya, buat luka bakar juga bisa, bila saya terkena minyak goreng panas, segera saya oles Minyak but but. 
  5. Betadine dan minol, keduanya untuk luka terbuka, wajib ada dan bisa dipakai untuk seluruh anggota keluarga. Saat baru melahirkan pun saya berendam di air yang ditetesi betadine untuk mempercepat penyembuahan luka jahitan.
  6. Alkohol 70%. Saya menyetok alkohol tapi jarang digunakan, tak ada salahnya melengkapi obat-obatan kan.
  7. Param kocok. Dulu saya dan suami sering pakai untuk pegal linu, tapi belakangan ini lebih sering menggunakan balsam atau counterpain.
  8. Minyak bokashi, saat ini sih saya ga nyetok, tapi saya suka sekali karena fungsinya untuk luka bakar ampuh banget, trus bisa jadi deodorant, jadi kalo ada luka di ketiak kan pasti perih bila pakai deodorant, nah Minyak bokashi ini bisa ngobatin lukanya sekaligus ngilangin bau.
  9. Balsam dan counterpain, buat pusing, sakit kepala, pegal, biar ga langsung minum obat, biasanya kalo masih ringan bisa hilang.
  10. Minyak serai, Minyak yang satu ini untuk anti nyamuk dan anti pegal, Minyak serai ini alami jadi bisa dipakai bayi dan tanpa efek samping. Buat kerokan juga enak tuh.
  11. Bio Placenton, gel buat luka bakar, bagus juga nih, dingin, jadi adem dipakenya, dan luka bakarnya cepet sembuh.
  12. Thrombophob, gel buat memar akibat benturan, ini juga efektif, saya selalu nyetok sejak punya bayi, buat kita juga efektif, cepat sembuh dan hilang sakitnya.
  13. Andantol, gel untuk gigitan serangga. Awalnya dulu ketika anak saya yang digigit serangga (ga tau serangga apa), bentolnya gede dan keras, sepertinya gatal sekali, pake kayu putih dsb ga mempan, sejak pake andantol bentolnya perlahan hilang
  14. Daktarin for diapers, ini efektif dan top banget buat ruam popok, langsung mulus kembali.
  15. Apolar, ini salep untuk bentol yang kecil-kecil tapi banyak, kaya bruntusan, dulu anak saya jatuh diatas rumput, trus gatel dan menyebar keseluruh tubuh, pake apolar langsung hilang.
  16. Benoson N, pertama pake waktu pipi anak saya merah-merah, ternyata buat saya pun banyak gunanya, diantaranya jerawat, ruam di lipatan, luka akibat digaruk. Jadinya nyetok terus. 
^ - ^
~ from happy mom with two daughters ~




0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls