23 Jun 2013

Mengapa shopping bag dimasukkan di struk belanja


Barangkali hanya sedikit orang saja yang memperhatikan, bahwa di struk belanja yang kita terima, kadang ada tercetak shopping bag. Padahal kita tidak membeli shopping bag.

Seperti saat aku mengantar istri membeli tas di Elizabeth Melawai, disana tercetak di bawah tas, ada juga shopping bag seharga Rp. 3.000, namun dibawahnya ada lagi disc. Rp. 3.000 untuk shopping bag tersebut. Berarti shopping bag tersebut diskon 100% :D

Di beberapa minimarket juga terkadang di cetak shopping bag kecil, sedang ataupun besar, dengan harga Rp. 0, atau harganya Rp. 1 lalu dibawahnya ada pembulatan - Rp. 1 (total tetap Rp. 0). Membingungkan ?

Sebenarnya ini memang diperlukan, terutama untuk pihak toko. Ini berdasarkan pengalamanku waktu mengelola toko waralaba, karena menyangkut pada stok barang dan juga perhitungan cost yang dibebankan pada toko. Semisal di toko tas tersebut yang menghargai shopping bag-nya seharga Rp. 3.000, berarti setiap dicetak di struk, stok shopping bag di toko tersebut keluar sebanyak shopping bag yang dikeluarkan dan dicetak di struk. Mungkin di akhir bulan atau saat ada stock opname, shopping bag tersebut ikut dihitung pula. Mengapa ? Jelas dong, karena shopping bag tersebut menjadi beban toko.

Seandainya dari perhitungan stock opname, didapatkan data inventory shopping bag seharusnya ada 100 pcs, misalnya, namun kenyataan fisik yang ada hanya 80, berarti "hilang" 20. Total harga menjadi 20 pcs x Rp. 3.000 = Rp. 60.000. Hilang Rp. 60.000 hanya dari shopping bag. Siapa yang akan menanggung biaya kehilangan ini ? Biasanya ini akan dibebankan kepada seluruh karyawan toko tersebut. Atau entah kalau ada kebijakan lainnya.

Sama seperti hal yang lainnya. Perhitungan kondisi antara inventory di sistem dengan kenyataan fisik menjadi indikator dalam sebuah toko. Biasanya akan diketahui tingkat efektifitas toko tersebut, khususnya dalam penggunaan shopping bag. Apakah dalam batas normal jika dibandingkan dengan omset yang didapat, atau malah penggunaan shopping bag yang terlalu over jika dibandingkan penerimaan omset.

Jadi, jika melihat ada struk yang tercetak shopping bag, jangan khawatir buat para pembeli, karena itu hanya untuk mencatat antara inventory toko dengan keadaan fisik. Kecuali memang sistemnya eror atau memang kebijakan toko yang membebankan harga shopping bag diluar harga belanja lainnya :)




0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls