11 Jun 2013

Mitos-mitos di sekitar kita


Mitos tidak sepenuhnya benar dan tidak sepenuhnya salah. Hal ini masih abu abu dikarenakan perbedaan kepercayaan, adat, terlebih lagi bila dikaitkan dengan agama akan menjadi musyrik bila dipercayai secara berlebihan.Tapi peran sugesti dalam hal ini sangatlah besar.Ada beberapa hal yang saya sendiri enggan untuk mempercayainya tapi sering menjadi kenyataan.Karena jujur saja dengan memegang kepercayaan pada mitos maka hidup kita menjadi terpatok dan tidak bebas.Berikut ini beberapa mitos yang saya ketahui sering ada dalam kehidupan sehari hari :

  • Mata kanan berdenyut artinya ada berita yang tidak baik atau ada sesuatu yang membuat kita menangis (saya pernah mengalami denyutan di mata kanan saya secara hebat dan ada berita yang membuat saya menangis,tetapi tangis bahagia)
  • Mata kiri berdenyut artinya aka nada berita bahagia
  • Kuping terasa panas artinya kita sedang diperbincangkan orang
  • Bibir berdenyut artinya aka nada percekcokan
  • Tangan kanan berdenyut artinya akan mengeluarkan uang (tentu saja yang jumlahnya tidak biasa)
  • Tangan kiri berdenyut artinya akan menerima uang (biasanya diluar pendapatan kita yang biasa)


Berikut ini larangan orang tua jaman dulu (kolot baheula) yang sering dikenal dengan “pamali” :
  • Tidak boleh buka payung di dalam rumah katanya suka ada yang meninggal (mungkin logikanya menyempitkan ruangan sehingga dikhawatirkan ada yang keselimpet)
  • Tidak boleh duduk di lawang pintu katanya suka susah jodoh (mungkin logikanya menghalangi orang yang hendak keluar masuk ruangan sehingga membuat orang jadi kesal)
  • Tidak boleh difoto bertiga katanya suka berpisah (yang ini saya ga tau logokanya dimana,tapi hal ini pernah terjadi pada saya dan keluarga saya)
  • Baju terbalik katanya akan mendapat rezeki baik berupa uang atau barang (ini sering banget terjadi pada saya)
  • Rumah yang letaknya seperti tusuk sate katanya susah hoki (mungkin logikanya angin akan masuk langsung kedalam rumah sehingga penghuni rawan sakit,mungkin…)
  • Pintu rumah tidak boleh satu garis,misalnya pintu masuk ke dalam rumah bersebrangan langsung dengan pintu masuk ruang makan lalu berhadapan dengan pintu kamar katanya…apa ya saya lupa,yang jelas tidak boleh,pamali,tapi yang jelas orang jadi mudah mengakses ruang dalam kali ya…

Itulah sekelumit tentang mitos yang saya dapat dari lingkungan keluarga dan masyarakat sekitar saya. Benar tiadaknya tergantung pada kepercayaan masing-masing.




0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls