30 Jan 2012

Tes Kebohongan dengan lie detector portabel


 Tes kebohongan, atau sering juga disebut lie detector atau juga polygraph, merupakan suatu metode untuk mengetahui "bohong" atau "jujur" dari si terperiksa.

Tes ini diperlukan biasanya karena si terperiksa keukeuh dia berbicara "jujur" sedangkan pihak lainnya merasa si terperiksa "bohong. Mana yang benar ? Polygraph alias lie detector yang menentukan. Polygraph juga kadang diperlukan sebagai tes awal yang digunakan suatu perusahaan dalam merekrut pegawainya.

Anda mungkin pernah melihat iklan mie instan, si "terdakwa" di tes dengan deteksi kebohongan, lalu alat polygraph menunjukkan chart "bohong". Wow ... jenius sekali. Sebenarnya tidaklah seperti itu. Polygraph, dari asal katanya saja sudah menunjukkan "clue" bahwa alat ini bekerja berdasarkan "poly" (banyak) "graph" (grafik/chart). Secara simpelnya, alat ini akan mendeteksi beberapa sensor yang dipasang di tubuh, lalu masing-masing sensor ditampilkan dalam masing-masing chart. Dari beberapa chart itu kemudian di-"baca" untuk kemudian ditentukan apakah si terperiksa itu berbohong, tidak berbohong atau tidak meyakinkan berbohong.
Jadi seperti yang pernah ku alami saat mencoba alat ini, sensor-sensor dipasangkan di lengan (seperti periksa tekanan darah), lalu di bagian diafragma, dan sensor-sensor di ujung jari tangan. Jadi, jika ingin mengelabui polygraph ini, Anda harus pintar bukan hanya dalam mengatur nafas, tapi juga emosi, refleks tubuh, body language dan ... ribet. Kecuali Anda bisa berlaku sangat-sangat dingin.

Lalu bagaimana jika Anda tidak menginginkan untuk diketahui bohong atau jujur ? Gampang, Anda tinggal menyatakan tidak bersedia untuk diperiksa. Maka pemeriksaan polygraph tidak bisa dilakukan. Masalahnya jika "harga diri" yang dipertaruhkan dan Anda merasa benar, kenapa harus takut diperiksa polygraph. Semakin tidak mau diperiksa, bukannya semakin menunjukkan "kebohongan"?

Dasar manusia, yang satu menciptakan metode mencari bohong atau jujur, yang lain mencari cara agar tidak diketahui bohong atau jujur. Seperti di artikel dari wikihow.com "how to cheat a polygraph test" disana ada artikel bagaimana mengelabui polygraph :D



Betulkah bisa dikelabui ? Bagaimana latihannya, sedangkan alat polygraph saja tidak tersedia bebas. 
Kalau Anda ingin mencoba polygraph, mungkin alat di samping ini bisa memuaskan kepenasaran Anda. The ultimate lie detector, atau katakanlah lie detector portable :D Harganya hanya sekitar 300 ribuan. Sistem kerjanya, jika berbohong, maka ada "kejutan" listrik dari alat. Setrum bisa disetel tingkatannya, yang jelas hanya "mengagetkan" saja. Dengan alat ini Anda juga bisa menantang teman untuk tes kebohongan. Bagaimana dengan akurasinya ?

Namanya juga alat ciptaan, tentu ada kelemahannya. Tapi setidaknya akan cukup memuaskan. Jika berminat terhadap alat ini, beri komentar saja di bagian bawah posting ini :)




0 comments:

Post a Comment

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

 
Design by Free WordPress Themes | Bloggerized by Lasantha - Premium Blogger Themes | cheap international calls